Kamis, 17 November 2016

Pengertian Menopause

Menopause adalah kata yang berasal dari dua kata, yakni ‘’mens’’ yang berasal dari kata menstruation atau juga yang sering di sebut menstruasi, dan kata ini juga berasal dri kata pausis yang berarti berhenti. Secara singkatnya menopause ini adalah menstrusi yang berhenti. 


Menopause secara ilmiah adalah masa dimana kesuburan dan kemampuan reproduksi seorang wanita yang berhenti akibat faktor usia dan penurunan hormon estrogen yang terjadi dalam tubuhnya. Hormon hesterogen ini dapat mempengaruhi kondisi fisik dalam diri wanita. Jadi ketika usia bertambah maka kadar hormon esterogen mulai menurun secara alamiah, bukan hanya kondisi fifiknya saja menopause ini juga mempengaruhi kondisi fsikis wanita. Bukan hanya itu saja ketika esterogen mulai henghilang, maka ovarium pun mulai melemah sehingga kondisi fisik tidak lagi subur dan tidak bisa berefroduksi. Karena fasse ini ditandai dengan berhentinya menstruasi dikarnakan menopause jadi kondisi fsikis wanita mengalami perubahan seperti rasa depresi dan emosional.

Menopause ini sebuah fase alamiah yang terjadi pada saat wanita sudah usia pertengahan empat puluh tahun keatas. Menopause sebaiknya harus diketahui oleh seluruh kaum wanita karena menopause ini merupakan fase alamiah yang akan mengakibatkan bad mood dan kondisi fisik yang semakin jelas terlihat tua seperti kulit yang keriput, kulit yang kering, uban, hingga kondisi kesehatan yang tidak bugar. Ketika kaum wanita mengalami menopause sebaiknya harus mampu mempersiapkan diri dan mental ketika memasuki masa menopause. Klik : Fahmi Herbal Tasikmalaya

Untuk mencegah masa menopause ini kaum wanita hanya perlu mempersiapkan diri dari mentalnya dengan perubahan yang akan terjadi dan harus mempunyai kesiapan mental Karena jika tidak mempersiapkan mentalnya maka yang akan terjadi kondisi fsikis tidak kuat maka yang akan terjadi berbagai keluhan yang disebabkan timbulnya masa menopause.  Selain dari itu menopause dalam hal positipnya dapat mengakibatkan pola hidup sehat yang harus  di lakukan. 

Pengertian menopause bisa disalah artikan dengan klimakterium. Menopause tidak sama dengan klimakterium karena klimakterium adalah sebuah proses panjang dari premenopause-menopause yang berarti proses setelah menopause. Pengertian klimakterium terdiri dari tiga fase dan menopause adalah salah satu fase klimakterium jadi bila ada yang menyamakan klimakterium dengan menopause sangat jelas berbeda dan tidak benar. 
Baca Juga : Obat Radang Kandung Kemih
Klimakerium merupakan masa transisi atau masa penyesuaian pada wanita yang awal masa reproduksinya menurun sehingga benar-benar berhenti bereproduksi. Selain dari itu pada fase ini wanita dapat juga menyesuaikan diri terhadap perubahan-perubahan akibat penurunan hormon dalam tubuh.

Klimakterium dimulai dari fase premenopause. Pada fase ini atau juga disebut premenopause bisa berlangsung dalam jangka waktu yang berbeda-beda, namun pada umumnya yang terjadi antara 4-5  tahun sebelum menopause. Pada masa premenopause kondisi esterogen masih terbentuk  dan dalam fase klimakterium adalah fase pascamenopause yang terjadi biasanya 3-5 tahun setelah menopause.
Jadi anda sudah mengenal tentang apa itu menopause. Pengertian ini khusunya harus diketahui oleh kaum wanita karena kaum wanita akan mengalami fase menopause yang akan mengurangi semangat dalam menjalani hidup ini. sbagai wanita yang cantik dan luar biasa siapapun anda dan berapapun usia anda menopause tidak akan menghalani kecantikan dan gairah anda maka berbahagialah ketika datang fase menopause dan nikmatilah fase ini dengan ikhlas dan hati yang berseri-seri.  




Pengertian Menopause Rating: 4.5 Diposkan Oleh: anjer herbal
 

Top